You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nanjung Mekar
Desa Nanjung Mekar

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Pemeriksaan IVA test di Desa Nanjung Mekar

Hilman Fauji 28 Maret 2019 Dibaca 320 Kali
Pemeriksaan IVA test di Desa Nanjung Mekar

Beberapa negara maju telah berhasil menekan jumlah kasus kanker serviks, baik jumlah maupun stadiumnya. Pencapaian tersebut terutama berkat adanya program skrining massal antara lain dengan Tes Pap. Namun di Indonesia kebijakan penerapan program skrining kanker serviks kiranya masih tersangkut dengan banyak kendala, antara lain luasnya wilayah dan juga kurangnya sumber daya manusia sebagai pelaku skrining, khususnya kurangnya tenaga ahli patologi anatomik/sistologi dan stafnya, teknisi sitologi/skriner.

Pengobatan kanker serviks pada stadium lebih dini, hasilnya lebih baik, mortalitas akan menurun, dengan masalah yang begitu kompleks, timbul gagasan untuk melakukan skrining kanker serviks dengan metode yang lebih sederhana, antara lain yaitu dengan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat).

Pada Hari ini Kamis,28 Maret 2019 di Kantor Desa Nanjung Mekar diadakan pemeriksaan IVA test yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan / Bidan dari Puskesmas Nanjung Mekar.Hal ini dilakukan untuk pencegahan dan deteksi dini tentang penyakit Kanker Serviks yang ada di Desa Nanjung Mekar.Sebelum pemeriksaan juga di berikan penyuluhan tentang apa itu IVA test,Bahaya Kanker Serviks,penyebab juga pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Apa itu IVA test ?.

IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan aplikasi asam asetat (IVA). Dengan metode inspeksi visual yang lebih mudah, lebih sederhana, lebih mampu laksana, maka skrining dapat dilakukan dengan cakupan lebih luas, diharapkan temuan kanker serviks dini akan bisa lebih banyak.

Proses IVA test sendiri tidak memekan waktu lama yaitu antara 5-10 Menit sekali periksa dan menurut pengakuan dari ibu-ibu yang sudah di periksa ternyata sebentar dan tidak sakit. Apabila kita mau periksa IVA test secara pribadi akan di kenakan biaya mulai dari Rp. 25.000,- sampai Rp. 125.000,- untuk sekali pemeriksaan ,dan untuk kegiatan kali ini tidak dikenakan biaya alias gratis karena ini adalah program dari Kementrian Kesehatan.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan kita selalu diberikan Kesehatan oleh Allah SWT.

 

penulis

Hilman F 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image