Amalan sunnah yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW di antaranya yaitu perbanyak membaca shalawat Nabi. mari Kita Bershalawat sobat!!!!!!! Amalan sunnah yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW di antaranya yaitu perbanyak membaca shalawat Nabi. mari Kita Bershalawat sobat!!!!!!!

Artikel

Peningkatan SDM Perangkat Desa Kecamatan Rancaekek

26 Maret 2019 08:53:43  Hilman Fauji  166 Kali Dibaca  Berita Desa

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan di samping faktor lain seperti modal. Oleh karena itu, SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM). MSDM tersebut dilakukan baik di daerah pedesaann maupun daerah perkotaan. Namun fokus saat ini adalah mengenai pengembangan SDM di pedesaan. Dimana pedesaan merupakan penopang ekonomi perkotaan. Jika SDM di pedesaan dibangun dan diorganisasi serta diberi pendidikan dan pelatihan yang baik, bukan tidak mungkin akan berkembang seperti SDM yang berada di perkotaan dimana mereka dapat menguasai teknologi. Sehingga diharapkan jika SDM baik di perkotaan maupun pedesaan dapat berkembang dengan pesat dan baik, maka Negara Indonesia yang termasuk dalam lima besar negara berpenduduk terbesar di dunia akan maju dan menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

Adapun peningkatan SDM yang perlu ditingkatkan yaitu  :
1. Personal mastery, yaitu kemampuan untuk secara terus menerus dan sabar memperbaiki wawasan agar obyektif dalam melihat realita dengan pemusatan energi kepada hal-hal yang strategis.
2 System of thinking, yaitu kemampuan untuk memiliki suatu fondasi berpikir yang dinamis untuk realita dan proses interelasinya secara holistik sehingga tidak terjebak pada kemapanan atau melihat permasalahan secara linier dan symptomatis.
3 Mental model, yaitu memiliki suatu framework dan asumsi-asumsi dasar untuk menyikapi realita yang membuatnya mampu untuk bertindak secara tepat.
4 Building shared version, yaitu komitmen untuk menggali visi bersama tentang masa depan secara murni tanpa paksaan.
5 Team learning, yaitu kemampuan dan motivasi untuk belajar secara adaptif,
Kelima disiplin tersebut perlu dipadukan secara utuh, dikembangkan dan dihayati oleh setiap anggota masyarakat dan diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Penyiapan sumber daya manusia atau SDM merupakan kunci keberhasilan pengembangan pedesaan baik dari segi ekonomi maupun sosial – budaya.

Untuk mencapai tujuan diatas maka pihak Kecamatan Rancaekek mengadakan Bimtek Peningkatan SDM bagi Aparatur Pemerintahan Desa,yang diadakan di Pangandaran pada tanggal 22 - 24 Maret kemarin. Dalam acara yang berlangsung di Pangandaran tersebut juga hadir Pekerja Sosial Masyarakat( PSM ),Pendamping Desa dan Karang Taruna Kecamatan Rancaekek. Selain acara Bimtek juga ada acara lain seperti Game dan juga hiburan sebagai pelepas penat setelah penyampaian materi pokok,juga untuk mempererat tali silaturahmi antar perangkat Desa dan juga aparatur pemerintahan yang lain.

Semoga apa yang diharapkan dari acara ini tercapai dan dapat di aplikasian dalam menjalankan tupoksi dalam pemerintahan khususnya pemerintahan Desa.

 

penulis 

Hilman F

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN RANCAEKEK
DISKOMINFO
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Nanjung Mekar Kp. Babakan RT 004 RW 006 Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung
Desa : Nanjung Mekar
Kecamatan : Rancaekek
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40394
Telepon : 022-87836771
Email : desananjungmekar2013@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:413
    Kemarin:179
    Total Pengunjung:115.985
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan

Jadwal Solat


jadwal-sholat