You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nanjung Mekar
Desa Nanjung Mekar

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SOSIALISASI CEGAH STUNTING DI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DESA NANJUNG MEKAR

Hilman Fauji 28 Juni 2019 Dibaca 301 Kali
SOSIALISASI CEGAH STUNTING DI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DESA NANJUNG MEKAR

Dalam rangka melaksanakan program pemerintah yaitu Cegah Stunting di 1000 Hari pertama kehidupan ,pemerintah Desa Nanjung Mekar menggandeng Puskesmas Nanjung Mekar mengadakan Sosialisasi Cegah Stunting  yang di selenggarakan pada Kamis, 27 Juni 2019 di Aula Desa Nanjung Mekar. Dalam kesempatan ini yang menjadi pembicara diantarannya ada dari Puskesmas Nanjung Mekar,Bidan Desa Nanjung Mekar dan juga Ketua Desa Siaga Nanjung Mekar (Iin Sodikin).

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stuntingStunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Seringkali masalah-masalah non kesehatan menjadi akar dari masalah stunting, baik itu masalah ekonomi, politik, sosial, budaya, kemiskinan, kurangnya pemberdayaan perempuan, serta masalah degradasi lingkungan. Karena itu, ditegaskan oleh Menkes, kesehatan membutuhkan peran semua sektor dan tatanan masyarakat.

banyak faktor yang bisa menyebabkan Stunting diantaranya :

1) Pola Makan

2) Pola Asuh

Demikian sekilas tentang masalah stunting ,semoga dimasa mendatang anak-anak kita bisa tumbuh sehat dan berkarya bebas dari stunting.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image