You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nanjung Mekar
Desa Nanjung Mekar

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

GAPURA Berbasis 3R (Reduce,Reuse,Recyle)

Hilman Fauji 13 Agustus 2019 Dibaca 385 Kali
GAPURA Berbasis 3R (Reduce,Reuse,Recyle)

Peringatan HUT RI Ke 74 semakin dekat ke puncak kegiatan,dan sudah menjadi tradisi di setiap daerah  dari kota sampai kampung sekalipun akan menghias lingkungannya. Gapura salah satu media yang dijadikan objek hiasan,setiap wilayah akan menghias dan membuat gapura di setiap pintu masuk dan keluar kampung.

Seperti yang anda lihat apabila melewati wilayah Kampung Babakan RW 010 Desa Nanjung Mekar ,ada yang berbeda dengan gapura yang ada pada umumnya. Gapura pada umumnya menggunakan bahan dasar kayu,bambu,triplek dan ada yang permanen dari tembok, sementara Gapura RW 010 terbuat dari 95 % limbah plastik atau sampah plastik .

Sampah plastik tersebut adalah hasil pemilahan dari sampah rumah tangga di lingkungan RW 010 yang sudah dikelola secara mandiri oleh pengurus RW setempat.Dengan adanya lomba gapura ECO BRICK yang diadakan oleh Pemerintah Kecamatan Rancaekek,maka timbulah ide untuk membuat gapura tersebut. Ide awal gapura tersebut dari saya sendiri dan dengan kerjasama dengan Ketua RW 010 Pa Aceng Kurniawan di bantu oleh para RT dan Remaja Putra Putri di RW 010 maka kami bekerjasama untuk mewujudkan gapura tersebut.

Adapun bahan bahan yang kita gunakan antara lain adalah gelas plastik bekas ,botol bekas minuman dan bekas bungkus kopi instant. untuk membuat bentuk seperti itu kami mengahabiskan sekitar 1200 gelas bekas,50 botol bekas dan sekitar 300 bungkus kopi bekas. Harapan kami walaupun belum terlalu sempurna semoga gapura kami bisa mewakili ECO Gapura dari Desa Nanjung Mekar,dan semoga bisa jadi inspirasi untuk mengurangi sampah plastik .

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image