You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nanjung Mekar
Desa Nanjung Mekar

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sosialisasi Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM)

Hilman Fauji 22 Mei 2019 Dibaca 358 Kali
Sosialisasi Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM)

Pada Kesempatan kali ini Desa Nanjung Mekar bersama Puskesmas Nanjung Mekar mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk “Pencegahan dan Pengendalian Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” untuk menjelaskan risiko kematian terbesar di Indonesia akibat PTM, dilanjutkan dengan Cek Kesehatan yang meliputi Pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut, Pemeriksaan Tekanan Darah, Gula Darah serta Kolesterol.

kegiatan tersebut mendukung adanya program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). GERMAS mulai dilakukan sejak adanya INPRES No. 1 Tahun 2017, dengan 3 Focus utama pada tahun ini yaitu Deteksi Kesehatan berkala, makan sayur buah, dan aktivitas fisik.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diadakan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif. Adapun tujuan dari Germas ini dalam rangka menurunkan beban penyakit menular (PM) dan penyakit tidak menular (PTM). Baik kematian maupun kecacatan.

Diingatkan, prinsip dari pelaksanaan Germas adalah kerja sama multisektor. Germas dimulai dengan tiga fokus kegiatan. Yakni aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengonsumsi sayur dan buah serta mengecek kesehatan secara rutin dan berkala.

Beberapa tahun terakhir terjadi pergeseran pola penyakit. Jika dulu PM merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan, saat ini bergeser. PTM memiliki proporsi utama. Ini menjadi fenomena di negara berkembang seperti Indonesia.Kondisi tersebut, terjadi akibat perubahan pola hidup masyarakat. Pola hidup yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang tidak baik menjadi pemicu terjadinya PTM.

Agar kesehatan terjaga, periksalah secara rutin. Mengcek tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan tes darah lengkap di laboratorium. Sebaiknya periksa kesehatan setiap enam bulan sekali.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image